Artikel8 Kali Pelukan Sehari : Bahagia dan Tidak Mudah Stres

8 Kali Pelukan Sehari : Bahagia dan Tidak Mudah Stres

Bincangcantik.com – Pelukan bukan hanya ungkapan kasih sayang. Salah satu bentuk sentuhan fisik ini memiliki efek yang lebih besar dari sekadar membuat perasaan lebih tenang dan bahagia.

Berpelukan, baik ketika bersama kekasih, kawan, maupun keluarga, memiliki manfaat baik bagi tubuh. Secara emosional, pelukan mampu meningkatkan imun serta membuat perasaan menjadi nyaman dan bahagia.

Bahkan, beberapa ahli berpendapat, berpelukan dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi rasa sakit, hingga memberikan perasaan nyaman ketika sedang cemas.

Melansir dari Healthline, menurut salah satu terapis keluarga, Virginia Satir, rata-rata dalam sehari manusia membutuhkan pelukan sebanyak 4 kali untuk bertahan hidup, 8 kali untuk pemeliharaan tubuh, hingga 12 kali untuk membantu pertumbuhan.

Baca: Polisi Jemput Paksa Nikita Mirzani di Mal, Netizen: Alhamdulillah!

Pelukan 8 Kali Sehari

Ahli Psychotherapist, Virginia Satir, menyebutkan bahwa pelukan sebanyak 4 kali sehari untuk bertahan, 8 kali sehari untuk maintenance dan 12 pelukan untuk masa pertumbuhan.

Saat berpelukan tubuh kita memproduksi hormon oksitoksin, yang terproduksi akibat respon sentuhan fisik. Hormon ini sangat baik untuk kesehatan dan menjauhkan tubuh dari penyakit.

Lalu, ilmuwan lain berpendapat pelukan yang banyak akan memberikan efek positif bagi tubuh. Sebab, jika kamu ingin merasa tenang, mengurangi stres, gugup, ingin lebih bahagia, serta sehat, tampaknya memberi dan meminta pelukan menjadi opsi terbaik.

Pelukan 8 Kali Sehari
Bincangcantik.com/@lifestyleokezone

Manfaat Pelukan

1. Menghilangkan Stres
Pelukan menghasilkan salah satu hormon bahagia atau oksitosin, yang juga disebut hormon cinta.

Semakin lama sebuah pelukan, semakin banyak yang dihasilkan dan semakin baik perasaan kita. Terbukti bahwa hormon tersebut memiliki efek anti-stres

2. Memerangi kecemasan dan ketakutan
Memeluk bisa memiliki manfaat yang signifikan bagi orang-orang dengan kecemasan, harga diri rendah dan lebih khusus lagi, mereka yang takut akan kematian.

Penelitian ini menunjukkan bahwa individu yang mengalami perasaan tersebut mungkin ingin disentuh sebagai cara untuk merasakan kenyamanan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang disentuh mengalami kecemasan eksistensial yang lebih sedikit dibandingkan dengan orang lain yang tidak melakukan kontak fisik dengan orang lain.

3. Mengurangi kemungkinan sakit
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa individu yang menerima dukungan sosial dan pelukan bisa sedikit lebih terlindungi dari infeksi.

404 orang dewasa yang sehat berpartisipasi di dalamnya, dan setelah menerima pelukan, mereka terkena virus flu biasa dan kemudian dipantau untuk tanda-tanda penyakit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan dan pelukan mengurangi risiko infeksi.

-

Baca: Zaskia Gotik Pamer Kemesraan, saat Suaminya Dituding Punya Anak dari Wanita Lain

4. Mengurangi rasa sakit fisik
Disentuh atau dipegang oleh orang yang dicintai tidak hanya memberimu manfaat psikologis, tapi juga fisiologis.

Menurut sebuah penelitian, disentuh oleh seseorang yang Anda cintai bisa meredakan rasa sakit. 22 pasangan diamati saat berpartisipasi dalam tes, meniru pengalaman berada di ruang bersalin.

Para wanita yang mengalami rasa sakit dan yang pasangannya tidak menyentuh mereka merasakannya. Namun, ketika pasangan pria memegang tangan mereka, rasa sakit wanita berkurang.

5. Meningkatkan kesehatan jantungmu
Menurut penelitian ini, pelukan bisa memiliki manfaat jantung yang signifikan. Para peneliti membagi kelompok yang terdiri dari 200 orang menjadi dua kelompok.

Yang pertama, pasangan harus berpegang tangan selama 10 menit sambil menonton video romantis lalu berpelukan selama 20 detik. Lalu kelompok kedua harus duduk diam tanpa bersentuhan selama 10 menit 20 detik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang-orang dalam kelompok yang penuh kasih sayang menunjukkan penurunan denyut jantung dan tekanan darah.*

Terkini