Bincangcantik.com – Kopi seolah bisa berteman dengan sajian apa saja, apa pun yang disuguhkan di menu sarapan pagi. Padahal ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tak dikonsumsi bersamaan dengan kopi.

Alasan utamanya, tentu saja karena kandungan pada makanan kontra dengan kandungan kafein pada kopi.

Lantas makanan-makanan apa saja yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan kopi pagi ini?

Baca: Inilah Profil Idayati Adik Jokowi yang Akan Menikah dengan Ketua MK

Makanan yang tak bisa dikonsumsi bersama kopi

Dilansir dari SFGATE, inilah beberapa jenis makanan tersebut:

1. Makanan sumber kalsium

Makanan sumber kalsium seperti brokoli, bayam, ikan-ikanan, yoghurt, biji-bijian atau keju sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan atau malah sebelum kopi.

Tanaman brokoli-web/@haibunda

Kafein dari kopi bisa menganggu tubuh dalam proses menyerap kalsium yang ada. Efeknya, kalsium yang seharusnya terserap tubuh akan dikeluarkan secara maksimal melalui urin. Hal ini akan membuat tubuh tak mendapat asupan kalsium yang semestinya.

Baca: Jarang Diekspos! Inilah 5 Fakta Menarik Alleia Anata, Anak Ariel NOAH

Jadi agar tubuh tetap mendapat asupan kalsium harian, jangan mengonsumsi kopi lebih dari 3 cangkir dalam sehari. Atau, pilihah kopi rendah kafein agar tubuh tetap bisa menyerap kalsium dengan baik.

2. Makanan sumber zinc

Zinc di dalam daging kambing, ikan sarden, salmon, kepiting, kacang merah, dan tiram sangat dibutuhkan tubuh.

Untuk mencukupi asupan zinc di dalam tubuh, jangan menyeduh kopi setelah mengonsumsi asupan sumber zinc tersebut.

Karena meski berbentuk kopi decaf sekali pun, minuman beraroma wangi ini tetap bisa menghalangi tubuh dalam menyerap zinc.

Hal ini karena kopi juga mengandung tannates, mineral yang tak mudah dirombak dan diserap oleh tubuh. Sehingga ketika asupan kaya zinc masuk, tubuh masih kewalahan dalam merombak tannates dan tak sempat melirik zinc.

3. Makanan kaya vitamin

Kopi juga ternyata bisa mempengaruhi tubuh dalam menyerap vitamin yang banyak terdapat pada buah dan sayuran. Terutama, mempengaruhi tubuh dalam menyerap makanan yang kaya akan vitamin D.

Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Bone Metabolism menyatakan bahwa sebagian besar pecinta kopi memiliki tabungan vitamin D rendah dalam tubuhnya.

Artikulli paraprakInilah Profil Idayati Adik Jokowi yang Akan Menikah dengan Ketua MK
Artikulli tjetërTeridentifikasi! Inilah Pemeran Pria di Video Syur Dea Onlyfans