Stres dan Cemas? Ini 5 rekomendasi Minuman yang Dapat Kamu Konsumsi:  Dijamin Sehat dan Segar

Stres dan Cemas? Ini 5 rekomendasi Minuman yang Dapat Kamu Konsumsi:  Dijamin Sehat dan Segar

Bincangcantik.com – Stres dan cemas sering mengganggu kesehatan baik fisik maupun mental. Kondisi ini kemudian dapat berlanjut jika kita biarkan berlarut-larut.

Minuman sehat adalah salah satu rekomendasi dalam menghadapi stres dan cemas yang sering terjadi.

Stres dapat disebabkan baik oleh faktor internal maupun eksternal. hal yang mudah memicu stres biasanya berasal dari faktor eksternal. Kecemasan, di sisi lain, merupakan kekhawatiran yang terus-menerus dan muncul dari internal diri sendiri.

Diketahui, Stres merupakan bentuk reaksi pertahanan diri ketika Anda berada dalam situasi yang penuh tekanan. Sedangkan Cemas sendiri merupakan reaksi spesifik terhadap stres. Familiar dengan sensasi perut mulas, kepala pening, jantung deg-degan, dan keringat dingin.

Jika dibiarkan, stres bisa berkembang menjadi gangguan mental.  Seorang psikolog bisa membantu menentukan apakah masalah yang di alami merupakan kecemasan dan stres biasa atau justru sebaliknya.

Air Kelapa dalam Mengatasi Stres
Bincangcantik.com/Foto/sehatq.

Baca: Berhubungan Intim, Berikut 7 Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh: Penasaran?

Rekomendasi Minuman Saat Stres

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi stres dan cemas, salah satunya dengan berkonsultasi ke psikolog maupun psikiater. Sebelum berkonsultasi dengan ahlinya, stres dan cemas dapat diatasi dengan mengonsumsi minuman yang dapat menghilangkan stres dan cemas.

Mengonsumsi minuman penghilang stres hanya menjadi salah satu cara untuk membantu lebih rileks. Namun, tetap perlu mengetahui akar masalahnya agar bisa mengatasi stres dengan baik.

Jangan Khawatir, berikut minuman yang dapat Bincangcantik rekomendasikan bagi Anda yang saat ini mengalami stres dan cemas.

Rekomendasi Minuman Saat Stres
Bincangcantik.com/kolase/ist

1. Air putih

Minum air putih yang cukup dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi berpotensi membuat darah jadi mengental sehingga menghambat alirannya ke seluruh tubuh. Aliran darah yang terhambat kemudian memengaruhi kinerja hormon endorfin.

Kondisi tersebut dapat membuat otak Anda hilang fokus, serta mengakibatkan stres maupun kecemasan.
Selain itu, Air putih juga memiliki banyak manfaat mulai dari Menjaga kesehatan kulit dan pencernaan, mencegah batu ginjal dan dapat membantu konsentrasi.

2. Susu hangat

Minuman penghilang stres ini mempunyai kandungan asam amino triptofan, yang berperan dalam proses produksi serotonin. Serotonin memiliki efek menenangkan dan bisa membantu memperbaiki suasana hati. Supaya mendapat manfaat yang lebih maksimal, tambahkan satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam susu hangat.

Menyeruput susu hangat sebelum tidur juga adalah cara yang digunakan untuk mendapatkan tidur malam yang lebih baik. Menurut penelitian, selain membantu mengurangi stres, kalsium pada susu juga merupakan bagian penting dari diet sehat untuk kesehatan tulang. Sumber kalsium selain susu yang bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan kalsium adalah adalah yoghurt dan keju.

Baca: Kejutan Ulang Tahun Sophia Latjuba ke 52, Netizen: Masih Bening, Kencang dan Hot

3. Jahe

Jahe mengandung 14 senyawa bioaktif dan memiliki sifat antioksidan. Berbagai senyawa yang terkandung di dalamnya menurut sebuah studi yang dilakukan pada hewan, dapat mempertajam fungsi kognitif dan melindungi otak terhadap kerusakan terkait stres oksidatif.

Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa jahe dapat memengaruhi kadar serotonin dan dapat mengobati serta mengurangi kecemasan.

Kemampuan jahe untuk meredakan kecemasan disebut sama kuatnya dengan mengonsumsi obat benzodiazepin. Meski begitu, studi lanjutan masih diperlukan untuk mengetahui apakah khasiat tersebut juga berlaku pada manusia.

4. Air kelapa

Air kelapa merupakan minuman penghilang stres yang kaya akan kandungan elektrolit, vitamin C, magnesium, serat, kalsium, riboflavin, serat pangan dan mangan. Konsumsi air kelapa dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, membuat otot lebih rileks, meningkatkan sirkulasi darah, menambah energi, dan memperbaiki kualitas tidur.

Tak hanya itu, kandungan kalium yang terdapat dalam air kelapa juga memiliki manfaat untuk tekanan darah dan fungsi jantung.

5. Jus Buah

Jus Buah seperti Alpukat, jeruk, dan stroberi adalah beberapa buah yang dapat membantu mengurangi stres. Alpukat menawarkan asam lemak omega-3. Asam esensial yang sehat ini dikenal dapat mengurangi stres, kecemasan, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan suasana hati.*

Artikel SebelumnyaLucinta Luna Tuai Banyak Sindiran Pedas Usai Pamer Wajah Hasil Oplas
Artikel BerikutnyaLucinta Luna Klaim Mirip Ji-Soo Blackpink Usai Oplas, Netizen: Malah Mirip Via Vallen