ArtikelBerhubungan Intim, Berikut 7 Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh: Penasaran?

Berhubungan Intim, Berikut 7 Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh: Penasaran?

Bincangcantik.com – Hubungan Intim merupakan kebutuhan biologis yang tidak bisa dipisahkan dari setiap kehidupan manusia, khususnya jika pasangan telah sah sebagai suami dan istri dan salah satu cara untuk meraih keturunan.

Hubungan Intim adalah adalah hubungan jasmaniah/ hubungan badan antarmanusia untuk mencapai suatu kenikmatan. Selain itu memperkuat ikatan antara dua orang dan memupuk kedekatan, cinta, kasih sayang di antara pasangan dan membangun hubungan yang lebih kuat antara dua orang.

Oksitosin, hormon, dan neurotransmitter, yang dilepaskan selama momen/berhubungan intim antara pasangan, dapat meningkatkan kepercayaan dan rasa persahabatan yang lebih kuat antara pasangan.

Manfaat Berhubungan Intim Bagi Kesehatan Tubuh
Bincangcantik.com/kolase/ist.

Manfaat Berhubungan Intim Bagi Kesehatan Tubuh

Berhubungan antar pasangan lebih dari sekedar bersenang-senang di ranjang. Selain manfaat batin yang didapat, juga dapat membawa segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut 10 manfaat hubungan intim bagi kesehatan tubuh:

1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Orang yang melakukan hubungan intim memiliki tingkat imunitas yang lebih tinggi. Terutama pada orang yang melakukan  sekali atau dua kali seminggu, maka akan memiliki tingkat antibodi tertentu yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang kurang sering berhubungan intim.
Penelitian menunjukkan bahwa melakukan hubungan secara rutin sebanyak 1–2 kali per minggu dapat meningkatkan kadar antibodi yang melindungi tubuh dari infeksi.

2. Mempererat hubungan Anda dan pasangan

Orgasme saat berhubungan intim membuat tubuh melepaskan hormon okstitosin atau hormon cinta. Hormon ini bermanfaat dalam mempererat hubungan dengan pasangan, serta memberikan ketenangan dan kepuasan.

3. Meredakan nyeri

Manfaat hubungan intim lainnya yang bisa Anda dan pasangan dapatkan adalah meredakan nyeri. Saat berhubungan intim, otak melepaskan hormon endorfin yang tidak hanya membuat tubuh lebih rileks, tetapi juga dapat meredakan nyeri yang muncul karena migrain dan sakit punggung.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Homosistein adalah zat kimia dalam tubuh yang jika jumlahnya berlebihan bisa menyebabkan pembekuan darah di jantung.
Membekunya darah di jantung ini membuat Anda rentan terkena serangan jantung dan gangguan jantung lainnya.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa berhubungan seks dapat membantu mencegah penumpukan zat homosistein dengan cara mendorong sirkulasi darah. Manfaat berhubungan seks ini lebih banyak didapatkan oleh pria dibanding oleh wanita.

5. Mengurangi Stres

Berhubungan secara fisik dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi respons stres di otak. Bentuk lain dari keintiman fisik, seperti berpelukan atau berpegangan tangan, dapat memicu pelepasan oksitosin. Hormon ini kemudian akan memicu pusat kebahagiaan di otak yang menurunkan perasaan cemas dan stres.

6. Mencegah Terjadinya Penuaan

Hubungan intim dapat mengurangi stres, meningkatkan rasa senang, dan membuat tidur lebih nyenyak. Ketiga hal tersebut bisa membuat kamu tampak lebih muda dan sehat.

Berhubungan seks dapat membantu mencegah penuaan di wajah, baik untuk pria maupun wanita. dr. David Weeks menjelaskan bahwa orang yang rutin bercinta cenderung terlihat beberapa tahun lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya. Ini dikarenakan pelepasan hormon HGH dan endorfin sehabis bercinta dapat memperbaiki kesehatan kulit Anda dengan mencegah kendur dan keriput.

7. Panjang Umur

Hal yang paling istimewa dari berhubungan selain merasakan kepuasan adalah panjang umur.
Risiko kematian pada pria berhubungan intim dua kali atau lebih dalam seminggu, lebih rendah 50 persen dibandingkan dengan pria yang berhubungan  sekali dalam sebulan.*

 

Terkini