Asam Lambung? Ini 5 Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Kamu Konsumsi

Asam Lambung_ Ini 5 Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Kamu Konsumsi

Bincangcantik.com –¬†Penyakit asam lambung terjadi ketika otot kerongkongan bagian bawah (otot LES) melemah. Otot ini seharusnya berkontraksi dan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. Bila otot ini lemah, kerongkongan akan tetap terbuka dan asam lambung akan naik kembali ke kerongkongan.

Banyak faktor yang memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan, salah satunya adalah makanan. Buah-buahan masam, makanan tinggi lemak, makanan pedas dan coklat adalah contoh makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung.

Ketika asam lambung naik, pengidap mengalami mual, muntah, perut kembung, dan sensasi panas di perut atau makanan naik kembali ke kerongkongan.

Bagi penderita GERD, pencegahan dapat dilakukan dengan pemilihan makanan yang tepat.

Lambung Normal dan Asam Lambung
Asam Lambung- Bincangcantik.com/Foto/Tribun

Baca: Stres dan Cemas? Ini 5 rekomendasi Minuman yang Dapat Kamu Konsumsi:  Dijamin Sehat dan Segar

Pilihan Makanan

Cara untuk menghindari berbagai gejala tersebut, pengidap asam lambung perlu memerhatikan makanan yang dikonsumsi. Berikut ini makanan sehat yang aman dikonsumsi oleh pengidap Maag:

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau kaya akan kandungan vitamin, mineral, serat, dan air yang baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan sistem pencernaan.

Beberapa jenis sayuran yang pas untuk dikonsumsi oleh penderita lambung, seperti brokoli, asparagus, kacang-kacangan, bayam, kale, timun, seledri, dan kembang kol juga termasuk sayuran rendah asam sehingga baik untuk penderita.

Sayur-sayuran tersebut berserat tinggi dan memiliki kandungan yang mampu meredakan maag.

2. Buah

Buah mengandung vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan tubuh, sekaligus bisa mengurangi keinginan makan makanan yang tidak sehat.

Buah-buahan yang tidak mengandung asam atau jenis non-sitrus, cenderung aman dikonsumsi oleh penderita GERD. Kecil kemungkinan buah-buahan ini memicu munculnya gejala Maag.

Sebut saja pisang, alpukat, melon, atau semangka tidak bersifat asam sehingga aman jadi camilan.

Pilihan Makanan untuk Asam Lambung
Asam Lambung- Bincangcantik.com/kolase/ist

3. Seafood dan Daging Rendah Lemak

Daging memang bisa memicu gejala maag apabila mengandung banyak minyak (baik dari cara pengolahannya maupun bagian lemak daging).

Akan tetapi, Anda bisa mengonsumsi semua daging merah, daging ayam, dan seafood asalkan rendah lemak. Kandungan lemak yang rendah dalam makanan ini dapat membantu memulihkan berbagai keluhan yang muncul karena naiknya asam lambung.

4. Jahe

Jahe sebagai Tanaman rempah tidak hanya memberi kehangatan, namun juga dapat mengurangi risiko timbulnya gejala asam lambung.

Jahe memiliki kandungan anti inflamasi untuk mengatasi masalah pencernaan dan menjadi obat alami untuk penyakit maag. Kamu bisa mengonsumsi jahe dengan cara dipotong atau diparut, lalu diolah menjadi minuman hangat untuk meredakan gejala penyakit Maag.

5. Oatmeal

Oatmeal baik untuk mengurangi gejala gangguan pencernaan, terutama akibat naiknya asam lambung. Olahan yang berasal dari gandum ini ternyata mampu membantu menyerap kelebihan asam di dalam lambung.

Oatmeal juga membantu melindungi lapisan lambung dari risiko iritasi akibat maag yang meningkat. Serat dalam oatmeal juga dapat melancarkan kerja usus, mengurangi risiko sembelit, dan memberikan rasa kenyang lebih lama.*

Artikel SebelumnyaResmi Bercerai, Sule Nafkahi Adzam Rp 25 Juta per Bulan
Artikel BerikutnyaSarwendah Sering Alami Pusing Akibat Ada Kista di Batang Otak