UpdatePendaftaran CFW di HAKI Diprotes, Baim Wong: Akan Dicabut

Pendaftaran CFW di HAKI Diprotes, Baim Wong: Akan Dicabut

Usai diprotes sana-sini, Baim Wong akhirnya akan mencabut pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) atas merek Citayam Fashion Week.

Hal itu diumumkan Baim lewat video di akun YouTube “Baim Paula” yang memiliki lebih dari 20 juta subscriber. “Memang kita mau melepaskan [Citayam Fashion Week], karena saya tidak mau menjadi seperti ini,” kata Baim, dikutip Selasa (26/7/2022).

Karena idenya mendaftarkan HAKI untuk Citayam Fashion Week menuai kontroversi, Suami Paula ini mengaku jadi belajar lebih jauh mengenai Intellectual Property (IP) atau kekayaan intelektual.

Dia juga sempat merujuk pada Harajuku di Jepang, yang konsepnya seperti Citayam Fahion Week, di mana jalan tersebut dipenuhi oleh anak muda berpakaian nyentrik. Namun, kekayaan intelektual atas Harajuku tidak dimiliki oleh satu pihak.

Baca: Baim Wong Daftarkan CFW ke HAKI, Ernest Prakarsa: Gak Tau Malu

Pendaftaran HAKI CFW

Seperti diketahui, Baim Wong lewat perusahaannya, PT Tiger Wong Entertainment, mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke Kementerian Hukum dan HAM untuk mendaftarkan hak atas penyelenggaraan acara tersebut.

Dalam permohonan perusahaan Baim Wong, Citayam Fashion Week disebut sebagai hiburan dalam peragaan busana hingga podcast.

Ia langsung menuai protes karena dituding ingin meraup untung dari CFW. Bahkan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuat pesan yang meminta dia membatalkan pendaftaran CFW.

“Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuhkembangnya harus natural dan organik pula,” tulisnya, di akun Instagram @ridwankamil, Senin (25/7/2022).

“Anda [Baim Wong] dan istri sudah hebat punya kerja-kerja luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini. Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya,” kata dia.

Mengakui kekeliruannya, Baim pun meminta maaf kepada semua pihak. Meski demikian, ia kembali menegaskan bahwa niatannya mendaftarkan Citayam Fashion Week bukan untuk kepentingan pribadi, tapi karena ingin memajukan kawasan tersebut.

“Ini pelajaran buat saya. Maaf kalau semua jadi heboh,” ujarnya.

Baca: Baim Wong Daftarkan Citayam Fashion Week ke HAKI, Ini kata Ridwan Kamil.

Akan Mencabut Pendaftaran CFW di HAKI

Akan Mencabut Pendaftaran CFW di HAKI
Bicangcantik.com/YouTube/@Baim Paula

Langkah Youtuber Baim Wong yang mendaftarkan merek Citayam Fashion Week (CFW) sebagai Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), menuai reaksi netizen di media sosial.

Ia menyampaikan bahwa pendaftaran merek CFW dilakukan setelah mendapat persetujuan pemain CFW yakni Bonge dkk.

-

Ia menunjukkan jejak percakapan dirinya kepada Bonge dan sejumlah pihak lain pada 20 Juli 2022.

Meski demikin, sejumlah artis dan tokoh politik ikut angkat bicara soal keputusannya yang mendaftarkan CFW.

Pernyataan menentang langkah Baim Wong lebih dominan, dan menuduh Baim Wong mendaftarkan CFW untuk uang.

Ia mengaku sama sekali tidak memiliki niat menguasai CFW. Justru jika ada hasil dari pendaftaran merek CFW, maka hasil itu akan diberikan untuk masayarakat Citayam.

“Sama sekali tidak ada niat demi uang, semua ini demi mereka, demi Citayam,” ungkap Baim dikutip SeputarTangsel.com dari kanal YouTube Baim Paula, Selasa, 26 Juli 2022.

Pasca diserbu banyak pertanyaan dan hujatan, Ia memutuskan untuk melepas pendaftaran hak cipta CFW.

Baim Wong juga meminta maaf bila tindakannya itu membuat kegaduhan di media sosial.

“Saya akan melepas, enggak mau untuk mempertahankan. Kalaupun nanti ada yang bisa saya bantu Citayam Fashion Week, apapun itu, dengan senang hati,” ungkap Baim Wong.

Ia pun meminta maaf kepada berbagai tokoh publik dan politik bila tindakannya mendaftarkan hak cipta atas “Citayam Fashion Week” tersebut dianggap merugikan mereka. Dan, ke depan Baim Wong siap membantu penyelenggaraan CFW.

“Tiger Wong Entertainment mau bantu dalam segi apapun. Sekali lagi, mudah-mudahan permintaan maaf ini didengarkan, didengarkan sama kalian semua,” lanjutnya.*

Terkini