6 Manfaat minyak zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

Post date:

Author:

Category:

Sejak ribuan tahun lalu, minyak zaitun telah cukup terkenal memiliki berbagai manfaat dan khasiat untuk kesehatan dan serta juga manfaat untuk kecantikan kulit, Dimana zaitun merupakan salah satu tanaman tertua di dunia.

Memiliki nama latin Oleaurofea, ciri-ciri fisik dari tanamannya adalah daunnya berwarna hijau terang dan ketika buahnya yang sudah masak akan berwarna ungu kehitaman.

Hal ini dikarenakan kandungan vitaminnya sangat banyak, diantaranya adalah vitamin A, B1, B2, C, D, E, K, dan juga zat besi. Zaitun bisa dimanfaatkan tidak hanya minyaknya saja tetapi daun, dan batangnya juga tak kalah bermanfaat.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Dari segi kesehatan, minyak zaitun memiliki berbagai manfaat dan khasiat yang sangat banyak, beberapa diantaranya sebagai berikut:

Kesehatan Jantung

Karena kandungan lemak tak jenuh yang ada di dalam minyak zaitun, maka kolesterol jahat yang berada di dalam tubuh dapat terkontrol selain itu kolesterol baik (High Density Lipoprotein) HDL dapat meningkat sehingga minyak zaitun dinilai sebagai salah satu minyak yang paling sehat dan memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan Jantung.

Kesehatan Pencernaan

Selain manfaat diatas, minyak zaitun juga bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan pencernaan di dalam tubuh sehingga pencernaan dalam tubuh tetap baik.

Menurunkan Tekanan Darah

Di dalam minyak zaitun terdapat kandungan polifenol dan juga oleic acid yang memiliki sifat anti-inflamasi. Minyak zaitun dapat mengurangi Hipertensi dan terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada pria ataupun wanita.

Perawatan Kecantikan

Kegunaan minyak zaitun pun beraneka ragam, mulai untuk kesehatan tubuh sampai bahan utama dalam dunia kecantikan. Untuk mendapatkan khasiat minyak zaitun, cobalah beberapa tips berikut ini untuk dipraktekkan pada kulit wajah:

• Membantu mencegah timbulnya jerawat

Vitamin E sangat penting dan baik manfaatnya bagi kulit. Selain bisa digunakan sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, vitamin E juga bermanfaat untuk mengilangkan jerawat di wajah.

Jika digunakan sebagai masker, manfaat yang diperoleh adalah bisa meremajakan kulit dikarenakan kandungannya yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Gunakanlah minyak zaitun langsung pada bagian jerawat. Baik untuk digunakan pada malam hari agar vitaminnya terserap sempurna.

• Membantu melembabkan wajah

Masalah kelembaban kulit memang menjadi perhatian bagi kebanyakan wanita. Dengan kulit yang lembab, maka wajah akan tampak bersinar dan bersih. Masalah kulit pun akan terhindarkan. Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk mendapatkan kelembaban secara alami.

Caranya cukup mudah, yakni oleskan secara merata pada seluruh permukaan wajah pada malam hari sebelum tidur. Pastikan wajah sudah dibersihkan dan pengolesannya tidak mengenai bagian mata agar tidak pedih. Cuci dengan air bersih pada keesokan harinya.

• Membantu membersihkan wajah

Jika Anda termasuk orang yang sering memakai make up dalam kesehariannya, tentu Momentlizer harus menghapusnya sebelum tidur bukan? Tidak perlu repot-repot membeli produk pembersih di pasaran yang tidak jelas kandungannya dan mungkin saja berbahaya bagi kesehatan kulit.

Cukup ambillah kapas kemudian tetesi dengan minyak zaitun secukupnya. Bersihkan pada riasan dan lakukan sedikit pijatan. Selain membersihkan, minyak zaitu juga bermanfaat untuk menutrisi kulit.

FOLLOW

6,584FansSuka
2,370PengikutMengikuti
5PengikutMengikuti

INSTAGRAM

Related Posts

Lebih