4 Khasiat Konsumsi Susu Bagi Orang Dewasa

Post date:

Author:

Category:

Bincangcantik.com – Susu adalah sumber makanan pertama yang setiap orang konsumsi setelah lahir ke dunia, yaitu ASI. Susu memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama bagi kesehatan tulang.

Susu sangat baik dikonsumsi setiap hari untuk melengkapi kecukupan gizi anda dan keluarga anda. Apalagi bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Susu mengandung banyak zat gizi yang kadang tidak terdapat dalam makanan, sehingga dapat melengkapi kebutuhan gizi harian. Namun, seringkali susu dianggap penting hanya untuk anak-anak, sehingga kebiasaan ini berhenti saat beranjak dewasa.

Padahal, pentingnya minum susu juga berlaku untuk orang dewasa. Karena minum susu akan memberikan berbagai manfaat. Jadi, sebetulnya sampai usia berapa konsumsi susu diperlukan?

Manfaat susu untuk orang dewasa

Faktanya, mengonsumsi susu memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat susu yang bisa dirasakan orang dewasa, antara lain:

1. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat yang satu ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang.

Setiap orang dewasa memerlukan kurang lebih 1000 mg kalsium per harinya. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah minum susu dan mengonsumsi produk olahan susu lainnya, seperti keju dan yoghurt.

2. Menyehatkan otak

Sebuah penelitian di Universitas Kansas, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi susu memiliki kadar glutation yang lebih tinggi dalam tubuhnya dibandingkan yang tidak minum susu.

Glutation merupakan antioksidan yang baik untuk otak. Adanya antioksidan tersebut dapat menghindari sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas yang didapat dari makanan atau polusi.

3. Mencegah tekanan darah tinggi

Susu mengandung potasium (kalium) yang tinggi dan baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah.

Hal tersebut akan mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah saat usia bertambah dan secara umum dapat menjaga kesehatan jantung.

4. Membangun otot dan mencegah depresi

Bagi mereka yang ingin memiliki postur tubuh yang baik dengan otot yang kuat, susu dapat menjadi asupan pilihan untuk mendampingi olahraga rutin. Susu mengandung protein yang baik untuk pembentukan otot.

Manfaat yang satu ini mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa kandungan vitamin D pada susu dapat memicu terbentuknya serotonin dalam tubuh. Serotonin merupakan senyawa yang berperan dalam pengaturan ritme tidur, mood, bahkan nafsu makan. Kadar serotonin yang cukup tinggi dalam tubuh akan mencegah seseorang mengalami depresi.

FOLLOW

6,584FansSuka
2,370PengikutMengikuti
5PengikutMengikuti

INSTAGRAM

Related Posts

Lebih